Entri yang Diunggulkan

GLOBALISASI

Pengertian Globalisasi Globalisasi telah menjadi isilah yang akrab di telinga kita.kita sering membaca dan mendengar istilah global...

Sabtu, 12 Maret 2016

Kereta Api Argo Kricak




Kereta Api Argo Kricak

    Mungkin kebanyakan seseorang mengetahui kereta barang kricak. Apa itu kereta api barang kricak ?. Kereta api barang kricak adalah kereta api yg bermuatan split/kerikil bebatuan yg berada di pinggir rel kereta api, kalian pernah kan melihat rel kereta api?, nah, apabila sudah tau kamu lihat di sepinggiran rel kereta api tersebut. Pasti ada kerikil-kerikil / bebatuan kecil. Kerikil tersebut bisa dinamakan kricak. Bagaimana cara kereta kricak membongkar muat angkutan kricak tersebut?, kereta kricak membongkar muat kan dengan cara menaburnya lewat samping gerbong kricak tersebut, siapa yg berhak menaburkan kricak?, seseorang yg berhak menaburi kricak adalah seorang kuli khusus jalur perkereta api-an adapun juga mandor yg memerintahkan untuk menabur di sebagian rel kereta api tersebut. Biasanya yg sering dilewati oleh kereta kricak adalah jalur yg masih membutuhkan bebatuan / krosok yg di pinggir rel kereta api. Adapun juga kereta barang yg mengangkut batuan sama seperti kricak tetapi bebatuan tersebut hanya berlaku apabila ada siaga pencurian bebatuan yg berada di pinggir jalur kereta api tersebut

    Pada zaman dahulu pada waktu penjajahan belanda pembangunan kereta api masih membutuhkan kricak untuk jalur rel kereta api. Pada zaman dahulu bebatuan kricak diangkut oleh lori dorong , apa itu lori dorong?, lori dorong adalah lori yg didorong oleh para kuli pekerja khusus jalur kereta api. Pada zaman dahulu  pada penjajahan belanda pembangunan rel kereta api para pekerja di paksa untuk berjalan dan memecahkan bebatuan walaupun jarak tempuh mungkin 5 km hanya demi pemerintah belanda. Pada saat itu para pekerja paksa tersebut mendapat upah yg sangat kecil.

   Dengan membaca demikian betapa pentingnya kereta api argo kricak pada pembangunan jalur kereta api dan bagi keselematan perkereta api-an karena pada zaman dahulu para pekerja paksa sudah letih mencari batuan ini demi diri sendiri.

    Sekian dari saya (cheka maheswara), apabila ada ada kekurangan saya mohon maaf. Dan apabila ada kelebihan tolong commen.
     
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar