Kereta api argo bromo anggrek
Kereta
api argo bromo adalah kereta api
dengan kelas eksekutif tertinggi se-indonesia. Yang dibuka secara resmi oleh
PT.KAI pada tahun 1995. Pada saat itu argo bromo anggrek adalah kereta
eksekutif biasa dan pada tahun 2005 kereta api argo bromo anggrek ludes
terbakar sekitar 33 penumpang tewas sedangkan 9 penumpang lainya hanya luka
parah dan sisanya luka ringan. Kereta api bromo anggrek melayani tujuan
Surabaya pasar turi (SBI) - Gambir (GMR)
dengan tujuan tersebut kereta ini berhenti di stasiun Semarang (SMG) dan
Cirebon (CRB) jika argo bromo anggrek pagi berhenti di stasiun Pekalongan (PLG)
apabila kereta api argo bromo anggrek malam kereta api ini tidak berhenti di
stasiun Pekalongan ( langsung jalan ). Dengan insiden kecelekaan tersebut
kereta ini juga pernah menabrak truk sehingga supir truck tewas. Dan pernah
juga menabrak truk box di perlintasan liar di stasiun pegaden baru dan
cipunegara. Dengan insiden tersebut menyebabkan penundaan jadwal kereta api,
karena truk box tersebut menghalangi rel double track tersebut. Kereta argo
bromo anggrek dengan jarak tempuh sekitar 725 km dengan lokomotif yg
indentik adalah lokomotif CC 206. Kereta argo bromo anggrek ini mempunyai lebar
sekitar 1.067 mm dengan kecepatan 70 hingga 120 km/jam, ini bisa menempuh jarak
yang jauh bisa kurang dari 9 jam. Sungguh luar biasa kereta ini.
Sekian informasi tentang
perkereta api-an, apabila ada kesalahan saya mohon maaf dan apabila ada
kelebihan tolong comment..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar